teknik, ui, java script

go GREEN

By si bloon | November 20, 2008
Under: persepsi

sekarang cuacanya ngga sedingin dulu….

Yup. itulah komentar penduduk asli di puncak gunung lawu (perbatasan jawa tengah dengan jawa timur), disaat kita beristirahat dan membeli secangkir kopi panas medio tahun lalu. Memang saat itu udara tawangmangu sudah tidak sedingin 12 tahun lalu, saat saya ikut bapak saya tamasya ke tawangmangu. Seingat saya, belum juga jam 4 sore saya sudah mulai kedinginan dan mulai meringkuk di dalam jaket. Sekarang sudah hampir jam 7 malam udaranya masih berasa sejuk bukan dingin. Pertama terpikir ach sekarang aku sudah beranjak dewasa, tetapi opini itu langsung runtuh begitu bapak penjual warung kopi mengatakan “sekarang cuacanya ngga sedingin dulu*. Ya! memang ngga sedingin dulu.

OK!. Lupa, kenapa saya menyinggung go Green. Pagi ini ada seorang Manajer meminta pendapat saya. Beliau ingin membeli komputer baru, built up. Kemudian beliau mendapatkan sebuah brosur salah satu vendor yang bertuliskan “Green Campaigne“. Kemudian saya jelaskan, bahwa produk yang dia tawarkan itu mendukung kampaye tentang penyelamatan lingkungan hidup. DImana sekarang banyak sekali dampak dari pemanasan global yang sudah kita alami. Salah satunya seperti cerita saya diatas. Alih punya cerita, beliau tertarik apa sech hubungannya Go Green dengan komputer.

Ok, Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosferlaut, dan daratan Bumi. Dan salah satu penyebabnya adalah panas yang di sebabkan oleh perubahan energi menjadi panas dalam suatu pekerjaan. Dalam hal ini adalah cpu, hardisk monitor dan lainnya. (dalam konteks komputer) Oleh karena itu vendor membuat produk ramah lingkungan yang mampu mengurangi panas yang dihasilkan dari produk tersebut. Jadi dengan berkurangnya panas yang dihasilkan, maka berkurang pula panas yang di lepaskan ke udara. Efeknya ruangan jadi lebih dingin, begitu juga konsumsi energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan dalam hal ini AC bisa berkurang. “Jadi seperti efek domino lah pak, begitu satu sisi berkurang panasnya, maka segi yang lain turut berkurang pula kebutuhan energi untuk mendinginkannya” Pokoknya langsung kesimpulan, karena raut muka beliau sudah menunjukkan raut ngga mudeng.

Kemudian langsung saja ambil jalan pintas. Intinya adalah bila panas yang dihasilkan komputer lebih sedikit, lebih sedikit pula konsumsi energi untuk AC kita pak.

Itulah sekelumit omongan pagi tadi. Tapi setelah bapak itu pergi yang tinggal hanyalah rasa penasaran. Sudah saatnya mengupdate informasi tentang pemanasan global nih. Dari hasil pencarian yang saya temukan. Pemanasan Global sudah dalam taraf akut menurut saya. Selain suhu udara yang tambah panas. Ketidak tentuan cuaca juga terjadi sebagai akibat pemanasan global ini. Bahkan Green.org berani menampilkan head line It’s the end of the world as we know it. Juga sempat beberapa waktu lalu ada kapal dari greenpeace yang sempat melintasi perairan indonesia sempat menyebutkan bahwa lahan gambut di indonesia kian kritis, padahal lahan gambut selain mampus menyimpan air secara berlebihan sehingga mampu mencegah banjir atau kekeringan, lahan gambut juga mampu menyerap karbon bebas yang ada di udara, sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global yang berasal dari karbon (efek rumah kaca). Jika lahan gambut kita menipis maka salah satu penyokong dalam pencegah pemanasan global juga menipis dong.

Keep Green in mind!. When you’re shopping for major home appliances, look for the Energy Star label. “This is a signal that you’re getting an environmentally efficient appliance that’s going to save you money at the same time,” - Al Gore, 2007

Dalam pencarian informasi juga saya temukan sepasang anak muda belasan tahun yang sudah sadar akan pemanasan global. Mereka mengajak kita untuk ikut berperan serta atau paling tidak peduli. Sempat muncul pertanyaan, sudahkan aku peduli ya? sebuah pertanyaan yang menurut saya relatif untuk dijawab. Ya, relatif untuk dijawab tapi cukup pantas untuk di renungkan…..

Go Green Indonesia. aku cinta Indonesia. waktunya peduli sama Indonesia. It’s time to change, it’s time to start. kalau bukan kita, siapa lagi?

Si Bloon memulai segalanya dengan cara yang lebih baik………………… *semoga* (wishing)

Sumber bacaan :

  1. http://www.green.org/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Effects_of_global_warming
  4. http://www.greenpeace.org/
  5. http://www.detiknews.com/read/2008/11/04/182706/1031273/10/pantau-lahan-gambut-kapal-greenpeace-berlabuh-di-riau
  6. http://griya-asri.com/article/lingkungan_hidup/hutan_gambut.deo
  7. http://gogreenindonesia.blogspot.com/ <= pantas untuk refleksi kesini
  8. http://www.cnn.com/2007/LIVING/wayoflife/08/23/o.green.gore/index.html

One comment | Add One

Comments

  1. lelouch - 11/21/2008 at 9:58 am

    kalo postingnya panjang gini, ada baiknya dipotong dengan tag more
    biar yang baca gak lelah dan bisa baca dengan santai ..

    anyway, nice posting !

Trackbacks

Leave a Comment

Name:

E-Mail :

Website :

Comments :